Jumaat, Mei 16, 2008

SMS Santau, panggilan Bernombor Merah cuma Hoax semata-mata

Dapat sms dari lola:
“KPD SUME KWN² YG DIKASIHI. JIKALAU ANDA MENDPT PGGILN TELEFON YG BERNOMBOR PANJANG cnth: +62852731520946 DAN NOMBOR ITU BERWARNA MERAH, DIHARAP² SGT JGN DIANGKAT DAN DIJAWAB PANGGILAN ITU. INI KERANA DI INDONESIA SKRG, SEKUMPULAN PENUNTUT ILMU HITAM SDG MENGUJI ILMU MEREKA MELALUI TELEFON. JIKA SESIAPA YANG MENJAWAB PANGGILAN ITU MULUT AKAN BERBUIH DAN MATI SLPS ITU. DI INDONESIA SDH 9 ORG MATI DAN MALAM TADI DIPUCHONG 2 ORG MATI. INI BNR² TERJADI. TOLONG SEBARKAN SMS INI“.
SMS dengan maksud yang sama cuma versi Indonesia: source
Pernah menerima SMS santet di handphone kesayangan anda yang isinya untuk tidak mengangkat nomor telepon berwarna merah dan berbagai variasi lainnya nomor lainnya seperti mengandung angka 0866 atau 0666?
SMS itu cuma hoax (palsu) karena cuma SMS iseng yang dibuat seorang ABG. Isi SMS-nya demikian:
“kalo ada telpon yg NO. BERWARNA MERAH/0866/0666 jgn di angkat karna bs MENELAN JIWA,hr ini sdh disiarkan di berita, terjadi di jkt,btm dan duri, dan SUDAH TERBUKTI, skrg masih diusut oleh pihak KEPOLISIAN, dugaan sementara adalah PEMBUNUHAN JARAK JAUH MELALUI TELEPON GENGGAM (HP),oleh DUKUN ILMU HITAM ATO si pembunuh adalah ROH GENTAYANGAN YG MENCARI MANGSA,harap di mengerti dan di kirim ke teman dan sodara semua,harap saling membantu sesama umat manusia”
Nampaknya mentaliti orang Melayu masih tak berubah dan cenderung untuk mempercayai serta menyebarkan sms hoax/tahyul/palsu seperti ini tanpa menyelidiki sebarang fakta disebaliknya. Sebenarnya SMS sebegini telah berlaku di Indonesia dengan menyebarkan isi sms yang sama iaitu Santet SMS, Santet Merah, Nombor Merah etc sehingga menimbulkan masalah kepada Syarikat Telekomunikasi di sana.
Individu yang bertanggungjawab menyebarkan sms palsu telah pun mengaku yang dia pada asalnya menyebarkan sms tersebut hanya dikalangan rakan rakannya sahaja dan tidak menjangka ia akan tersebar luas dan seterusnya menimbulkan masalah.
Dari BatamPos:
Pelaku Penyebaran Nomer Setan Mengaku
TANJUNGUBAN - Heboh nomor ponsel yang bisa “menyantet” orang yang konon ada warga yang tewas akhirnya terkuak.
Si pengirim ternyata bukan dukun santet atau dukun ilmu hitam, tapi hanya anak baru gede (ABG) yang iseng ingin mengerjai teman-temannya.
Dari penelusuran Batam Pos, Rabu (7/5) akhirnya terkuak siapa yang pertamakali mengirim SMS yang mengatasnamakan 0866. Pengirim pertama SMS tadi yaitu ABG yang berasal dari Tanjunguban, Bintan Utara.

”Awalnya SMS ini dikirim untuk mengusili kawan-kawan saja,” ucap ABG yang mengaku mengirim SMS juga kepada Batam Pos, Rabu (7/5). ABG perempuan yang namanya tak mau disebutkan menerangkan, SMS tadi dikirim saat dirinya tak ada kegiatan sehingga dirinya terkenang dengan teman-temannya. Saat teringat dengan rekannya tadi, Ia iseng-iseng mengirimkan SMS dengan nada sedikit usil.
Adapun isi SMS tadi yaitu meminta teman-temannya untuk berhati-hati jika menerima SMS dari nomor 0866 dengan tampilan warna merah di layar ponsel. Sebaiknya tidak diangkat karena bisa menyebabkan orang yang mengangkatnya meninggal dunia.
Masih menurut SMS tadi, di Jakarta disebutkan kalau ada orang yang meninggal dunia setelah membuka. Untuk meyakinkan rekan-rekan tadi, ia meminta agar SMS ini diteruskan ke nomor yang lain. Ia tak menyangka kalau SMS untuk mengisengi teman-temannya menyebar luas sampai keluar Kepri. Untuk itu, Ia perlu meluruskan masalah ini agar tak membuat warga merasa resah.
Sumber: BatamPos
More in Indonesian Forum discussion http://www.acehforum.or.id/aceh-gempar-telepon-t13250.html


p/s - lawak la orang sekarang, bila tanya siapa yang mati siapa yang mulut berbuih jawapan dia biasanya sedara kepada sipolan sipolan punya makcik punya anak tiri punya bapak saudara punya nenek punya si polan alias dengar cerita dari orang dan tanpa mengesahkan betul atau tak, terus je percaya bulat bulat sambil menyebarkan sms kepada orang lain pulak. Tenseeenn pakcik



sumber: http://www.darulmakmur.net/2008/05/15/sms-santau-panggilan-bernombor-merah-cuma-hoax-semata-mata/#more-142

0 ulasan:


Copyright by by RnB Salam and Ikhwan. Powered by Ikhwaner